Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya
Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya

Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya

535 View

Coretan.kosongin.com – Candlestick merupakan bagian penting dalam kegiatan trading yanga akan kita lakukan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai infrormasi “Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya”.

Doji merupakan nama dari candlestick untuk sekutritas, memiliki buka tutup yang hampir mirip dan sering kali merupakan komponen dari bagian pola. Candlestick doji terlihat hampir mirip seperti salib atau tanda plus.

Doji merupakan pola netral yang di tampilkan dalam sejumlah pola penting. Candlestick Doji terbentuk ketika terjadinya penmbukaan dan penutupan suatu market untuk jangka waktyu tertentu. Umumnya pola ini menunjukan pola pembalikan bagi analis teknis.

Dalam bahasa Jepang doji memiliki arti blunder atau kesalahan yang mengacu pada kelangkaan harga pembukaan dan penutupan yang persis ketika berlangsungnya sebuah market.

Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya

Formasi doji merupakan salah satu sinyal trading yang nyata. Doji merupakan pola candlestick yang harga open dan close hampir sama ketika market sedang berlangsung.

Doji umumnya terlihat seperti tanda silang atau plus + dan memiliki bentuk yang kecil. Beberapa para analis banyak yang mendefinisiskan bahwa doji merupakan sebagai tanda dari ara trend pemabalikan.

Biasanya doji terlihat ketika dalam periode konsolidasi dan dapat membantu analis untuk dapat mengidentifikasi potensin penembusan suatu harga.

Namun, banyak orang yang masih bingung tentang bagaimana cara menggunakan candlestick doji ketika saaat trading. berikut ini adalah tips menggunakan candlestick doji.

Baca Juga:

Teknik Trading Dengan Menggunakan Doji

1. Perhatikan kemunculan Candlestick Setelah Doji

Tidak jarang doji memberikan sinyal palsu yang pada akhirnya para trader banyak yang terjebak ataupun kena sleding dsaaat akan membuka perdagangan.

Bukannya reversal justru yang terjadi malahan harga justru terkonsolidasi atau meneruskan tren market yang sedang terjadi setelah kenmunculan doji terbenttuk.

Dalam hal ini, ditunutut untuk lebih memahami dan menyarankan untuk memvalidasi sinyal doji terlebih dahulu, cara yang paling sederhana yang bisa kalian lakukan adalah dengan menunggu terbentuknya candle setelah adanya sinyal doji tersebut.

2. Manfaatkan Kondisi Overbought dan Oversold

Salah satu cara untuk mengetahui pasar trend yang sedang berlangsung apakah sedang jenuh jual atau beli dapat di lakukan dengan cara memanfaatkan beberapa indikator momentum.

Momentum tersebut yaitu antara lain Commodity Chanel Index “CCI”, Relative Strength Index RSI, William Percentage Range “W%R” atau Stochastics. Berikut ini adalah contoh pola candle doji yang terbentuk dalam area jenuh.

3. Posisiskan Penemapatan Stop Loss berada di Atas Sumbu

Stop Loss ini bisa menjadi penyelamat anda ketika harga bergerak melawan arah ataupun prediksi yang sudah anda tentukan. Anda bisa menempatkan stop loss dengan menggunakan sumbu pola candle doji sebagai acuan.

Akhir Kata

Itulah artikel singkat mengenai informasi Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat menambah pengatuhan dan wawasan anda serta dapat bermanfaat.

Gallery for Apa Itu Candlestick Doji dan Teknikalnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.