Apa itu Short Selling? Trader Saham Wajib Tahu
Apa itu Short Selling? Trader Saham Wajib Tahu

Apa itu Short Selling? Trader Saham Wajib Tahu

155 View

Coretan.kosongin.com – Short Selling mungkin sudah tidak asing lagi didengar di telinga para investor khsusnya saham. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai “Apa itu Short Selling? Trader Saham Wajib Tahu”.

Short Selling atau jual kosong merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam dunia keuangan. Istilah tersebut sering digunakan untuk memeperoleh profit dan penurunan harga.

Istilah ini juga sering digunakan dalam jenis transaksi yang dilakukan dalam perdagangan saham. Ada yang beranggapan bahwa istilah ini cukup berisiko.

Mengapa bisa demikian?. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas dan mengupas lebih mendalam lagi mengenai istilah Short Selling ini. Berikut ini adaah informasi yang telah saya siapkan untuk anda semua, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Apa itu Short Selling? Trader Saham Wajib Tahu

Apa itu Short-Selling Saham dan Bahayanya

Pada awal tahun 2020, istilah ini telah menjadi bahan perbincangan dan pembicaraan. Pasalnya Bursa Efek Indonesia BEI melarang kegiatan transaksi short selling ini.

Hal itu bukan karena semata-mata, melainkan berdasarakan informasi dengan adanya istilah tersebut akibat menurunnya IHSG selama enam hari berturut-turut.

Tahukah kalian, bahwa dhort selling ini pernah menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah ekonomi global.

Salah satu masalah ekonomi global yang pernah terjadi yaitu krisis ekonomi yang pernah terjadi pada tahun 2008 lalu.

Istilah short selling sendiri yaitu salah satu strategi perdagangan saham yang dilakukan dengan berspekulasi pada penurunan harga saham.

Teknik perdaganagn ini sering dilakukan oleh beberapa investor saham yang mau mengambil resiko yang cukup besar.

Dengan begitu, dapat kita simpulkan bahwa investor yang serig melakukan teknik tersebut merupakan mereka yang telah berengalaman dan memiliki spekulasi yang tepat.

Dalam hal ini, spekulasi merupakan hal yang penting dalam melakukan transaksi. Sebab, resiko transaksi yang dilakukan cukup besar.

Baca juga:

Cara Kerja Short Selling

CMI-27 (CAPITAL MARKET INFORMATION) SHORT SELLING DAN MARGIN TRADING –  Kelompok Studi Pasar Modal – Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Tidak jarang banyak investor yang mengatakan bahwa Short Selling ini merupakan istilah lain dari kata jual kosong. Sebab investor melakukan transaksi ini tanpa memiliki saham.

Jadi, sederhananya yaitu transaksi ini merupakan transaksi yang dilakukan oleh investor dengan cara meminjam dana kepada perusahaan pialang terlebih dahulu.

Setelah itu, investor akan menjual sahamnya tersebut dengan harga yang cukup tinggi. Namun, sebelumnya investor tersebut telah memperhitungkan dan memprediksi bahwasannya harga saham tersebut akan turun.

Jadi, dia akan membelinya kembali dan mengembalikan pinjaman saham tersebut kepada perusahann pialang tadi.

Namun, dalam setiap aktifitas transaksi ini, anda dituntun untuk memiliki spekulasi yang tepat dan memiliki pengalaman yang cukup.

Sebab, jenis transaksi ini sangat berisiko tinggi karena anda harus memerlukan kemampuan memprediksi harga saham yang tepat.

Selain itu, perlu kalian ketahui juga, jenis transaksi ini sempat menjadi pro dan kontra di kalangan para investor dan pasar saham.

Pro dan Kontra Short Selling

Pada dasarnya, jenis transaksi ini merupakan jenis transaksi yang sangat berisiko jika dilakuan oleh orang yang belum berpengalaman khsusnya untuk para pemula.

Sebab teknik ini harus memiliki spekulasi dan prediksi yang akurat dan tepat. Namun, jika anda bisa melakukannya dengan baik dan benar justru teknik ini bisa mendatangkan banyak keuntungan dan profit yang besar.

Berikut ini adalah beberapa isu pro dan kontra berdasarkan informasi yang dikutip dari glints.com, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Pro dari short selling

  • Besar kemungkinannya mendapatkan untung yang lebih tinggi.
  • Membutuhkan modal awal yang sedikit.
  • Memungkinkan melakukan leveraged investment atau teknik mencari keuntungan investasi yang lebih tinggi dengan menggunakan uang pinjaman.

Kontra dari short selling

  • Berpotensi mengalami kerugian yang besar.
  • Diperlukan margin account.
  • Menimbulkan margin interest atau bunga dari utang yang dilakukan kepada broker.

Akhir kata

Itulah tadi informasi diats mengenai Apa itu Short Selling? Trader Saham Wajib Tahu yang bisa kita bahas dalam artikel kali ini. Semoga dengana adanya informasi diatas tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Jangan pernah anda menggunakan teknik ini jika anda belum mempunyai pengalaman yang cukup dan prediksi yang tepat. Sebab, teknik ini sangat besar resikonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.