Bagaimana memasarkan produk rumah dan menjualnya dalam permintaan ?
Bagaimana memasarkan produk rumah dan menjualnya dalam permintaan ?

Bagaimana memasarkan produk rumah dan menjualnya dalam permintaan ?

113 views

Coretan.kosongin.com – Saat sekarang ini, banyak sekali bermunculan para penggiat bisnis atau usaha rumahan, disamping bisnis rumahan sebagai sampingan dari pekerjaan utama dan memingkatkan pendapatan pribadi, bisnis rumahan juga membantu membangkitkan UKM-UKM yang ada dilingkungan sekitar kita.

Dalam hal ini, tentunya harus ada produk yang dijual dan di pasarkan ke konsumen, dan biasanya produk dari bisnis rumahan tidak jauh-jauh dari produk makana, baju,dan kebutuhan pokok lainnya (sembako).

Pada umumnya pemasaran produk dari bisnis rumahan ini berbeda dengan memasarkan produk seperti pada jenis usaha lainnya. Cara pemasaranpun terkadang masih sangat sederhana, tidak perlu beriklan dan berpromosi secara besar-besaran, melainkan cukup dengan menggelar lapak dagangannya di rumah atau disekitar lingkungan rumah saja. Konsumennya pun hanya dari orang-orang sekitar lingkungan saja, kalaupun ada dari luar lingkungan kemungkinan besar mendapatkan informasinya, ya dari orang-orang sekitaran saja.

Coba Anda bayangkan apa jadinya produk dari bisnis rumahan bisa dikenal oleh banyak orang, dan dari berbagai lokasi seluruh Indonesia, tentu saja akan laris manis, dan omzetpun akan meroket, tapi ya tentu saja produk yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Bagaimana memasarkan produk rumah dan menjualnya dalam permintaan ?

Pentingnya Strategi Pemasaran Bisnis Rumahan Bagi Pemula !

Berbicara tentang pemasaran produk bisnis rumah, apa yang Anda lakukan, sehingga produk rumah yang Anda jual dapat dikenal luas oleh masyarakat luas? Coba ikuti beberapa tips ini :

1. Pasar dari mulut ke mulut.

Ini adalah cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan oleh aktivis bisnis rumahan, dan cara ini tentu merupakan cara yang sudah sering dilakukan untuk memperkenalkan produk jualan mereka. Namun alangkah baiknya jika cara word of mouth marketing ini, disisipkan dengan sedikit sample atau contoh produk yang dijual secara terbatas, dengan tujuan agar calon pembeli atau kolega atau tetangga bisa sama-sama tahu apa sih produk yang ditawarkan.

2. Gunakan brosur dan spanduk untuk promosi.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk lebih mengenalkan toko atau bisnis kita dan produk apa saja yang kita tawarkan, memang cara ini membutuhkan biaya untuk pemasaran, namun usahakan untuk memasarkan di lokasi yang benar-benar strategis, dan tentunya harus membuat brosur dan banner yang tentunya bisa membuat orang tertarik atau bahkan penasaran dengan produk yang Anda tawarkan.

3. Aktif dalam pameran atau bazaar.

Hal ini juga dapat dilakukan agar masyarakat luas sebagai konsumen potensial dapat lebih mengenal dan mengenal bisnis anda serta produk apa saja yang ditawarkan. Dan bahkan dengan secara teratur berpartisipasi dalam pameran atau bazaar, Anda dapat meningkatkan penjualan Anda dari membeli dan menjual langsung di lokasi dan bahkan anda akan menangkap dan mendapatkan banyak hubungan baru yang berguna untuk bisnis rumah Anda.tetapi biasanya sebelum berpartisipasi dalam pameran atau bazaar, Anda biasanya harus bergabung dengan asosiasi atau menjadi anggota kelompok usaha kecil.

4. Manfaatkan media sosial.

Ini adalah cara yang sekarang banyak dilakukan oleh aktivis bisnis rumahan, karena caranya cukup mudah dan memanfaatkan akun media yang dimiliki, dapat Akun atas nama pribadi atau atas nama toko/bisnis. Instagram Facebook, Line, Telegram, WhatsApp, dll.biasanya digunakan oleh aktivis bisnis rumahan menggunakan media sosial dan perpesanan, seperti: Facebook, Instagram, Line, Telegram, WhatsApp, dll. Tentu saja, selain media sosial, biasanya juga memasarkan produknya melalui marketplace dan mitra online yang kini banyak tersedia

5. Manfaatkan katalog online.

ini adalah cara yang mungkin jarang diketahui orang, yaitu dengan memanfaatkan katalog toko online yang dapat dibagikan dan diakses oleh calon pembeli melalui smartphone masing-masing. Cara memasarkannya cukup mudah, Anda sebagai penjual, cukup share link toko / bisnis dan calon pembeli bisa melihat produk yang Anda jual.
Dari beberapa tips untuk memasarkan produk rumah dan menjualnya dalam permintaan, pasti anda sudah memiliki ide, tentang cara yang akan Anda gunakan.

Nah daripada hanya membayangkan dan menebak-nebak apa yang cocok, kenapa tidak coba menggunakan cara kelima , dengan menggunakan katalog toko online? Bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.