Cara Cek BI Checking Online Melalui SLIK OJK
Cara Cek BI Checking Online Melalui SLIK OJK

Cara Cek BI Checking Online Melalui SLIK OJK

147 views

Coretan.kosongin.com– Hallo good people, kembali lagi dengan admin yang akan memberikan informasi yang pastinya sangat penting. Dalam pembahasan kali ini admin akan membahas tentang Aplikasi Cek BI Checking Online Melalui OJK.

Cara cek BI checking online kini bisa dilakukan melalui SLIK OJK, layanan resmi yang dikeluarkan langsung oleh OJK. Setelah munculnya SLIK OJK, Bank Indonesia (BI) sudah tidak lagi melayani kegiatan operasional pengecekan data.


BI checking yang awalnya menjadi tanggung jawab BI kini telah sepenuhnya menjadi tanggung jawab OJK. Melalui sistem baru ini, kini pengecekan BI checking bisa kamu lakukan lebih mudah dan bisa kamu akses secara online.

Untuk silahkan Anda simak pembahasan ini sampai selesai, karena disini admin akan memberikan cara cek BI Checking melalui SLIK OJK, berikut ulasannya.

Baca juga : Cara Edit Foto Di Aplikasi Polarr Dengan Mudah

Cara Cek BI Checking Online Melalui SLIK OJK

SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) ini merupakan sistem yang dibuat oleh OJK yang berfungsi untuk mengawasi keamanan terhadap BI dan menggantikan BI Checking.

Peralihan tugas dan fungsi ini telah tertulis dalam UU No. 21 tahun 2011 yang menetapkan peralihan layanan sistem informasi debitur (SID) dari BI ke OJK.

Sebelumnya BI memiliki peran pengelolaan, pengaturan, serta pengembangan sistem informasi antar bank. Namun semenjak 31 Desember 2013 hingga 31 Desember 2017 tugas dan fungsi tersebut menjadi tanggung jawab OJK.

Baca juga :

SLIK OJK kini menghubungkan BI dan LPS untuk lebih memudahkan pertukaran informasi melalui aplikasi. Informasi yang dapat kamu akses adalah informasi bank, laporan keuangan bank, laporan hasil pemeriksaan bank, dan informasi lain yang berkaitan.

Cara Cek BI Checking Online Melalui SLIK OJK

1. Siapkan dokumen pendukung cek BI Checking online

Debitur perorangan:

  • fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa KTP (untuk WNI);
  • fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa paspor (untuk WNA); dan
  • surat kuasa asli serta fotokopi dan asli identitas pemberi kuasa (bila dikuasakan).

Debitur badan usaha:

  • NPWP;
  • akta pendirian perusahaan;
  • perubahaan anggaran dasar akhir yang memuat susunan beserta kewenangan pengurus dengan identitas asli pengurus dan badan usaha (atau fotokopi terlegalisir); dan
  • membawa surat kuasa asli, fotokopi dan asli identitas badan usaha, fotokopi dan asli identitas pemberi dan penerima kuasa (apabila dikuasakan).

2. Isi form antrian Bi Checking

uka situs OJK melalui tautan ini: formulir antrian online OJK. Melalui tautan tersebut kamu bisa meminta informasi debitur SLIK dengan cara mengisi formulir antrian online.

3. Jam Antrian Online

Layanan antrean online milik OJK terbagi dalam beberapa sesi berikut ini dan memiliki batas kuota:

  • 08:00 – 09:00
  • 09:00 – 10:00
  • 10:00 – 11:00
  • 11:00 – 12:00
  • 13:00 – 14:00
  • 14:00 – 15:00

Permintaan informasi Debitur SLIK hanya terbuka pada saat hari dan jam kerja saja.

4. Lakukan Verifikasi Data

Kamu akan mendapatkan persetujuan melalui email setelah mengisi formulir antrean online.

Nanti kamu akan diminta untuk menghubungi nomor Whatsapp OJK-SLIK yang tertera dalam email untuk menyelesaikan tahap verifikasi data.

Cermati dengan baik isi email supaya terhindar dari kesalahan dan selesaikan tahap verifikasi sesuai dengan ketentuan yang tertera.

5. Cek Email

Saat semua tahapan di atas telah kamu lalui, silahkan cek email masuk.

SLIK OJK akan mengirimkan informasi Debitur SLIK melalui email.

Jika kamu kebingungan membaca informasi debitur, kamu bisa mencari panduan cara membacanya yang tersedia di situs resmi OJK.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang judul diatas, semoga pembahasan yang admin sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk itu ikuti terus pembahasan yang akan admin sampaikan di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.