Cara Daftar ksm.kemenag.go.id 2021
Cara Daftar ksm.kemenag.go.id 2021

Cara Daftar ksm.kemenag.go.id 2021

280 views

Coretan.kosongin.com– Hallo good people, kembali lagi dengan admin yang akan selalu memberikan info-info yang pastinya sangat penting. Dalam pemabahasan kali ini admin akan mengulas tentang Cara Daftar ksm.kemenag.go.id 2021.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini semakin canggih, sehingga memudahkan kita untuk belajar dengan cara yang sangat simple. Oleh karena itu, mengantarkan manusia kepada era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan salah satunya adalah bidang pendidikan.

Oleh karena itu, pemerintah harus mempunyai sumber daya manusia yang berkarakter, jujur, kokoh, tahan uji, dan kompetitif, serta memilki kemampuan yang handal dibidangnya. Apa lagi di era revolusi industri 4.0 yang kini semakin menuntut masyarkat agar lebih kreatif, kritis, dan inovatif dalam menyikapi permasalahan yang ada.

Atas kondisi tersebut, masyarakat mulai berpaling dan menaruh harapan besar kepada Madrasah agar dapat menjawab semua tantangan dan menangkal akses negatif yang ditimbulkan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Cara Daftar ksm.kemenag.go.id 2021

Menurut masyarakat, Madrasah dapat dijadikan sebagai benteng bagi anak-ankanya. Tidak hanya ilmu penegtahuan dan teknologi saja, madrasah juga membekali ilmu agama. Hal tersebut disampaikan oleh Moh.Isom, yaitu sebagai Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan.

Kementrian Agama (Kemenag) akan kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Jadwal pelaksanaanya telah dimulai sejak pertengahan Juni 2021 dan berakhir pada puncaknya, di bulan Oktober 2021. Waktu pelaksaanaan ini jelas sudah tercantum dalam Juknis KSM tahun 2021 yang sudah ditetapkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 2973 Tahun 2021.

Melihat dari jadwal pelaksanaan yang tertera dalam Juknis KSM Tahun 2021, Puncak pelaksanaan kompetisi di bidang sains ini akan diselenggarakan pada 23 dan 24 Oktober mendatang dengan digelarnya KSM berbasis komputer dan KSM nasional Eksperimen. Rangkaian tersebut pun akan ditutup dengan pengumuman pemenang KSM Nasional pada tangga 30 Oktober 2021.

Baca juga :

KSM kemenag 2021 ini merupakan gelaran tahunan sebagai ajang kompetisi bakat dan minat di bidang sains bagi siswa yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama.

Untuk penyelenggaraan di tahun 2021 ini, KSM akan melombakan 2 bidang untuk tingkat SD/MI yaitu Matematika Terintegrsai dan IPA Terintegrasi. Sedangkan untuk tingkat MTs/SMP dilombakan dalam 3 bidang, yaitu Matematika Terintregasi , IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi. Terakhir Untuk jenjang MA/SMA akan dilombakan dalam 6 bidang yaitu, Matematika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Jadwal pelaksanaannya akan dimulai pada pertengahan Juni 2021 engan penyelanggaraan KSM di tingkat satuan pendidikan. Dilanjut dengan tingkat kabupaten/Kota, provinsi, hingga tingkat Nasional pada Oktober 2021.

Adapun cara daftar Kompetisi sains Madrasah (KSM) ini dilakukan secara online. Sehingga pendaftaran online ini pastinya aman, apa lagi dimasa pandemi yang sekarang sedang terjadi di tanah air kita ini. Cara daftar KSM ini dilakukan oleh masing-masing satuan Pendidikan. Para peserta dapat mendaftar melalui laman web resmi KSM Kementrian Agama.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang judul diatas, semoga pemabahasan yang admin sampaikan saat ini bisa bermanfaat bagi para peserta didik yang ingin mengikuti kompetisi tersebut. Untuk itu ikuti terus pembahasan yang akan admin sampikan setiap harinya. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.