Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat
Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat

Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat

115 views

Coretan.kosongin.com – Belakangan ini beredar informasi mengenai isu pemblokiran beberapa aplikasi diantaranya WhatsApp, Instagram Facebook, PUBG serta aplikasi lainnya yang belum mendaftar PSE.

Lantas apa yang dimaksud dengan PSE ini?. Mungkin ada sebagian dari anda yang sudah mengetahui informasinya tersebut dan ada juga seagian yang belum mengetahuinya.

PSE yaitu merupakan kepanjangan dari Penyelenggara Sistem Elektronik atau platform digital. Kominfo meminta PSE lingkup privat untuk segera mendaftar ke sistem kementerian.

Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa anda simak informasinya dibawah ini mengenai “Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat”.

Baca Juga:

Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat

Perlu anda ketahui, PSE yang sudah melaklukan pendaftaran sebelumnya harus melakukan pendaftaran ulang jika belum sesuai dengan sistem OSS RBA.

Sedangkan, untuk PSE yang belum melakukan pendaftaran atau yang belum pernah mendaftar sebelumnya wajib untuk segara mendaftar.

Berdasarkan informasi yang beredar, batas pendaftaran pse lingkup privat berakhir samapai tanggal 20 Juli 2022.

Anda bisa melakukan pendaftaran secara online melalui Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Berbasis Risiko, atau Online Single Submission Risk Base Approach (RSS RBA) Kominfo.

Keboijakan ini dilandasi oleh Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 10 Tahun 2021 atas Perubahan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Cara Pendaftaran PSE

Berdasarkan informasi yang dilansir dari www.suara.com teradapat enam kategori PSE yang wajib untuk melakukan pendaftaran diantaranya ialah sebagi berikut.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat

  1. Menyediakan, mengelola, atau mengoperasikan penawaran maupun perdagangan barang atau jasa
  2. Menyediakan, mengelola, atau mengoperasikan layanan transaksi keuangan
  3. Pengiriman materi atau muatan digital berbayar melalui jaringan data baik dengan cara unduh melalui portal maupun situs. Pengiriman lewat surat elektronik, atau melalui aplikasi lain ke perangkat pengguna
  4. Menyediakan, mengelola, atau mengoperasikan layanan komunikasi meliputi namun tidak terbatas pada pesan singkat, panggilan suara, panggilan video, surat elektronik, dan percakapan dalam jaringan dalam bentuk platform digital, layanan jejaring dan media sosial
  5. Layanan mesin pencari, layanan penyediaan Informasi Elektronik yang berbentuk tulisan, suara, gambar, animasi, musik, video, film, dan permainan atau kombinasi dari sebagian atau seluruhnya 
  6. Pemrosesan Data Pribadi untuk kegiatan operasional melayani masyarakat yang terkait dengan aktivitas Transaksi Elektronik.

Kesimpulan

Berdasarkan data dari laman https://pse.kominfo.go.id/home  ada 5.695 PSE domestik dan asing yang telah melakukan pendaftaran ke Kominfo. Dari total PSE Kominfo yang terdaftar, ada 5.613 PSE domestik dan 82 PSE asing.

Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa mengunjungi website https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2021/06/Tata-Cara-Pendaftaran-PSE-Privat.pdf .

Itulah informasi yang bisa kita bahas dalam artikel kali ini mengenai Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat .

Semoga dengan adanya informasi diatas tersebut dapat bermanfaat serta bisa menambah pengetahuan dan wawasan anda semua.

  • cara pendaftaran pse
  • cara daftar pse whatsapp
  • pendaftaran pse lingkup privat
  • cara pendaftaran pse lingkup privat
  • daftar aplikasi yang terdaftar di pse
  • aplikasi yang terdaftar di kominfo
  • cek pse kominfo
  • apakah whatsapp akan di blokir

Gallery for Cara Pendaftaran PSE Cara Pendaftaran PSE Lingkup Privat

Leave a Reply

Your email address will not be published.