Pengertian Dogecoin Dan Cara Kerjanya Selengkapnya Disini
Pengertian Dogecoin Dan Cara Kerjanya Selengkapnya Disini

Pengertian Dogecoin Dan Cara Kerjanya Selengkapnya Disini

260 View

Coretan.kosongin.com – Halo sobat setia coretan, jumpa lagi disini bersama admin dengan pembahasan kali ini mengenai Pengertian Dogecoin Dan Cara Kerjanya Selengkapnya Disini

Dikesempatan kali ini, admin akan membahas mengenai dogecoin tentang sejarah dan bagaimana cara kerjanya. Maka dari itu, untuk info lebih lengkapnya kalian simak saja ulasan yang akan segera admin sampaikan di bawah ini.

Pastikan kalian membaca artikel ini sampai akhir, supaya kalian bisa mendapatkan semua informasinya dengan lengkap dan benar juga menegerti dengan pengertiannya.

Pengertian Dogecoin

Dari sumber yang admin cari yang terpercaya yaitu Dilansir dari Wikipedia Indonesia Dogecoin adalah cryptocurrency yang ditemukan oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus, yang memutuskan untuk membuat sistem pembayaran yang bebas dari biaya perbankan tradisional.

Dogecoin menampilkan wajah anjing Shiba Inu dari meme “Doge” sebagai logo dan senama. Ini diperkenalkan pada 6 Desember 2013, dan dengan cepat mengembangkan komunitas online-nya sendiri, mencapai kapitalisasi pasar sebesar US $ 70.355.561.773 pada 16 April 2021.

Sejarah Dogecoin

Dogecoin dibuat oleh insinyur perangkat lunak IBM Billy Markus dari Portland, Oregon dan insinyur perangkat lunak Adobe Jackson Palmer, yang berangkat untuk membuat mata uang digital peer-to-peer yang dapat menjangkau demografis yang lebih luas daripada Bitcoin.

Selain itu, mereka ingin menjauhkannya dari sejarah kontroversial koin lain. Dogecoin secara resmi diluncurkan pada 6 Desember 2013, dan dalam 30 hari pertama ada lebih dari satu juta pengunjung ke Dogecoin.com. Palmer, pada saat itu menjadi anggota departemen pemasaran Adobe Systems di Sydney yang dikreditkan karena telah mewujudkan idenya. Palmer telah membeli domain Dogecoin.com dan menambahkan layar splash, yang menampilkan logo koin dan teks Comic Sans yang tersebar.

Markus menghubungi Palmer setelah melihat situs tersebut, dan memulai upaya untuk mengembangkan mata uang tersebut. Markus telah merancang protokol Dogecoin berdasarkan cryptocurrency yang ada, Luckycoin dan Litecoin, yang menggunakan teknologi scrypt dalam algoritma proof-of-work mereka. Penggunaan scrypt berarti bahwa penambang tidak dapat menggunakan peralatan penambangan bitcoin SHA-256, dan sebaliknya harus menggunakan perangkat FPGA dan ASIC khusus untuk penambangan yang dikenal lebih kompleks untuk diproduksi. Pada 19 Desember 2013, nilai Dogecoin melonjak hampir 300 persen dalam 72 jam, naik dari US $ 0,00026 menjadi $ 0,00095, dengan volume miliaran Dogecoin per hari.

Pertumbuhan ini terjadi pada saat bitcoin dan banyak mata uang kripto lainnya terguncang dari keputusan China untuk melarang bank China berinvestasi ke dalam ekonomi bitcoin. Tiga hari kemudian, Dogecoin mengalami crash besar pertamanya dengan turun hingga 80% karena peristiwa ini dan banyaknya mining pool yang mengeksploitasi sejumlah kecil daya komputasi yang diperlukan pada saat menambang Dogecoin.

Pada tanggal 25 Desember 2013, pencurian besar pertama Dogecoin terjadi ketika jutaan koin dicuri selama peretasan di platform dompet cryptocurrency online Dogewallet. Peretas memperoleh akses ke sistem file platform dan memodifikasi halaman kirim / terima untuk mengirim setiap dan semua koin ke alamat statis. insiden peretasan ini meningkatkan tweet tentang Dogecoin, menjadikannya altcoin yang paling banyak disebutkan di Twitter pada saat itu, meskipun mengacu pada peristiwa negatif.

Untuk membantu mereka yang kehilangan dana di Dogewallet setelah pelanggarannya, komunitas Dogecoin memulai sebuah inisiatif bernama “SaveDogemas” untuk membantu menyumbangkan koin kepada mereka yang telah mencurinya. Kira-kira satu bulan kemudian, cukup uang yang disumbangkan untuk menutupi semua koin yang dicuri.

Pada bulan Januari 2014, volume perdagangan Dogecoin secara singkat melampaui Bitcoin dan gabungan semua mata uang kripto lainnya, namun, kapitalisasi pasarnya secara substansial tetap berada di belakang Bitcoin. Awalnya, Dogecoin menampilkan hadiah acak yang diterima untuk setiap blok penambangan, namun, pada Maret 2014 perilaku ini kemudian diperbarui menjadi hadiah blok statis.

Pada bulan April 2015, Jackson Palmer mengumumkan rencana untuk mengambil “cuti panjang” dari komunitas cryptocurrency. Selama tahun 2017 hingga awal gelembung mata uang kripto 2018, Dogecoin secara singkat mencapai puncak $ 0,017 / koin pada 7 Januari 2018, menempatkan total kapitalisasi pasarnya mendekati USD 2 miliar. Pada Juli 2020, harga Dogecoin melonjak mengikuti tren TikTok yang bertujuan untuk membuat harga koin menjadi $ 1.

Pada Januari 2021, Dogecoin naik lebih dari 800% dalam 24 jam, mencapai harga $ 0,07, sebagai hasil dari perhatian dari pengguna Reddit, sebagian didorong oleh Elon Musk dan waktu singkat GameStop. Pada Februari 2021, Dogecoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa sebesar $ 0,08 menyusul dorongan Twitter dari Musk, Snoop Dogg dan Gene Simmons.
Baca Juga :

Pada Maret 2021, pemilik Dallas Mavericks Mark Cuban mengumumkan tim NBA-nya akan mengizinkan pembelian tiket dan produk dengan Dogecoin; dalam dua hari, Cuban telah menyatakan waralaba-nya telah menjadi pedagang Dogecoin teratas, setelah melakukan 20.000 transaksi.

Pada April 2021, Dogecoin dan cryptocurrency lainnya melonjak, sebagian didorong oleh daftar langsung untuk pertukaran cryptocurrency Coinbase pada 14 April, meskipun platform itu tidak menyediakan perdagangan Dogecoin. Harganya pertama kali mencapai $ 0,10 pada 14 April sebelum mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar $ 0,45 pada 16 April (naik 400% minggu itu, dengan volume hampir $ 70 miliar yang diperdagangkan dalam 24 jam sebelumnya.

Pada saat itu, kapitalisasi pasar Dogecoin mendekati $ 50 miliar, menjadikannya cryptocurrency dengan nilai tertinggi kelima; nilainya telah meningkat lebih dari 7.000% year-to-date. Ketertarikan pada Dogecoin berkontribusi pada penghentian sistem cryptocurrency platform perdagangan elektronik Robinhood pada tanggal 15 April, yang disebabkan oleh “permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya”, dan memicu kekhawatiran dari para ahli tentang gelembung spekulatif yang hampir mendekati di pasar cryptocurrency.

Nah, iutlah pengertian dan juga sejarah dari lahirnya mata uang digital Dogecoin yang kita kenal sekarang. Dan adapun cara kerjanya, Kalian smiak saja penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Kerja Dogecoin

Tak beda dengan mata uang kripto lainnya, dogecoin juga cara kerjanya yaitu dengan teknologi rantai block alias blockchin yang terdesentralisasi. Uang mata digital dogecoin ini dikembangkan dengan teknologi enkripsi, sehingga tidak ada perantara dalam transaksi yang terjadi.

Dan untuk pembayarannya sendiri dilakukan secara peer to peer, Dari pengirim langsung ke penerima. Banyak sekali mata uang kripto yang mengadopsi jaringan terdesetralisasi berdasarkan dari teknologi blockchin.  Blockchain sendiri adalah buku besar terdistribusi yang dilakukan oleh jaringan komputer yang berbeda-beda.

Cara Mendapatkan Dogecoin

Ada dua cara utama untuk mendapatkan uang kripto Dogecoin. Berikut ulasan selengkapnya dibawah ini :

  • Bisa dilakukan dengan membuka rekening pada pedagang fisik aset kripto yang berizin Bappebti. Kemudian, pemilik akun bisa melakukan verifikasi melalui aplikasi dari pedagang aset kripto.

Jika verifikasi rampung, maka pemilik akun bisa memulai transaksi jual dan beli aset kripto. Pemilik akun bisa menyetor dana awal ke rekening terpisah.

  • Bisa dilakukan dengan cara mining atau menambang. Pada prinsipnya, mining uang kripto punya arti harfiah menambang. Karena jelas, mining = menambang. Sedangkan pihak yang melakukan aktivitas mining disebut miner, alias penambang.

Dalam aktivitas mining ini, seorang penambang mencari dan mengumpulkan mata uang digital kripto, termasuk Dogecoin. Dalam proses menambang ini, seorang penambang menggunakan seperangkat komputer untuk memecahkan masalah matematika kompleks.

Menariknya, proses penambangan ini dilakukan serentak oleh banyak orang di dunia. Jadi mining Dogecoin seolah-olah rebutan dengan miners sedunia.

Cara Bertransaksi Dogecoin

Perlu di pahami juga, bahwa transaksi sebuah produk dengan dogecoin belum bisa dialkukan di indonesia. Secara umum, pemerintahan indonesia tidak mengakui mata uang digital kripto ini sebagai alat tukar yang sah. meski begitu, pemerinta melalui bappebti memeperbolehkan kepemilikan mata uang kripto dogecoin sebagai aset investasi.

Yang berarti jual beli mata uang kripto termasuk dogecoin bisa dilakukan secara legal. Untuk akses jual belinya sendiri bisa dilakukan lewat aplikasi kripto atau exchenger.

Bappebti sebagai lembaga yang berwenang mengatur mekanisme perdagangan kripto di Indonesia pun menerbitkan Peraturan Bappebti nomor 5 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Aset Fisik Kripto di Bursa Berjangka. 

Sampai awal 2021 ini, baru ada 13 perusahaan aset kripto di Indonesia yang mendapat izin operasi oleh Bappebti. Lewat perusahaan inilah investor bisa melakukan perdagangan aset kripto. Ada 229 jenis kripto yang diakui di Indonesia. 

Berikut adalah 13 perusahaan aplikasi kripto yang berizin Bappebti:

  • PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)
  • PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)
  • PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku)
  • PT Pintu Kemana Saja (Pintu)
  • PT LunoIndonesia Ltd (Luno)
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)
  • PT Indonesia Digital Exchange (Idex)
  • PT Cipta Koin Digital (Koinku)
  • PT Tiga Inti Utama (Triv)
  • PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit)
  • PT Bursa Cripto Prima (Bechipin)
  • PT Triniti Investama Berkat (Bitocto)
  • PT Plutonext Digital Aset

Itulah penjelasan lengkapnya yang dapat disampaikan semoga informasi ini memeberikan manfaat. Apalagi untuk anda yang akan berinvestasi dengan mata uang digital kripto termasuk dogecoin.

Akhir Kata

Demikian penjelasan yang sudah admin tulis diatas, jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman, sodara, dan orang orang terdekat anda. Supaya mereka tidak ketinggalan informasi penting dari artikel ini. Sampai jumpa lagi dan terimakasih.
Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.